Dikutip dari Bahan Ajar PLPG 2012
PUSAT PENGEMBANGAN PROFESI PENDIDIK
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA
MANUSIA PENDIDIKAN
DAN PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN
(BPSDMPPMP)
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
|
UNTUK ISI YANG BERWARNA MERAH MENURUT VERSI
PENULIS SENDIRI
Bentuk-bentuk bencana alam
1.
Tektonik
lempeng dan volkanisme merupakan gejala alam yang disebabkan oleh:
a.
Tenaga
eksogen
b.
Tenaga endogen
c.
Gerak
masa batuan
d.
Tenaga
geyser
2.
Pelapukan
kimia adalah proses hancurnya batuan karena perubahan mineral yang disebabkan oleh:
a.
Air hujan
b.
Suhu
yang tinggi
c.
Penggalian
oleh manusia
d.
Merambatnya
akar tanaman
3.
Proses
penyedotan air tanah diluar batas kemampuan pengisian ruang kosong pada batuan
oleh air laut disebut:
a.
Proses
interkasi air laut
b.
Proses interupsi air laut
c.
Proses
intrusi air laut
d.
Proses
induksi air laut
4.
Serangkaian
upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun
penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana disebut:
a.
Investigasi
b.
Mitigasi
c.
Evakuasi
d.
Relokasi
5.
Langkah-langkah
penanganan bencana alam sebelum kejadian pada tahap pencegahan salah satunya
adalah
a.
Pembuatan peta jalur evakuasi
b.
Peringatan
dini
c.
Tanggap
darurat
d.
Rekontruksi
EKONOMI
MASYARAKAT
1. Seorang pedagang buah
ingin mendapatkan laba yang banyak. Dengan berbagai macam cara ia lakukan,
bahkan dengan membuat parcel dengan kemasan menarik akan tetapi terdapat
beberapa buah yang tidak segar lagi. Berdasarkan motif ekonomi termasuk ....
A.
Motif
memenuhi kebutuhan sendiri
B.
Motif memperoleh keuntungan
C.
Motif
membantu sesama manusia
D.
Motif
menjamin masa depan
2. Ditinjau dari
kepentingan prinsip ekonomi terbagi menjadi 3 sudut pandang yaitu pembeli,
penjual dan produsen. Dibawah ini adalah contoh prinsip ekonomi bagi penjual,
kecuali ....
A.
Membeli barang yang bermutu tinggi dengan harga yang tinggi tidak
rasional, dan dijual dengan harga yang serendah-rendahnya
B.
Membeli
barang dengan mutu terbaik dan dijual dengan harga serendah– rendahnya, dan
dijual kembali dengan harga tinggi tetapi rasional melalui pelayanan yang
sebaik-baiknya
C.
Menjual
barang yang bermutu dengan harga tinggi rasional melalui pelayanan yang
sebaik-baiknya
D.
Menjual
barang yang bermutu dengan harga tinggi tapi rasional
3. Sebuah pasar
mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : transaksi dilakukan secara tunai; barang
dapat dibawa/diambil saat itu juga; barang yang diperjualbelikan benar-benar
ada/nyata; penjual dan pembeli bertemu langsung.
Bentuk pasar yang
sesuia denga ciri – ciri pasar diatas adalah ....
A.
Pasar
regional
B.
Pasar
lokal
C.
Pasar
abstrak
D.
Pasar konkret
4. Dibawah ini yang
jenis uang berdasarkan kelompok bahan pembuatannya adalah ...
A.
kartal
B.
giral
C.
kertas
D.
cek
5. Yang bertugas untuk
mengatur, menjaga, dan memelihara kestabilan nilai rupiah adalah ....
A.
Bank Indonesia
B.
Bank
Sekunder
C.
Bank
Umum
D.
Bank
Pembangunan
FAKTA,KONSEP,
GENERALISASI
1.
Segala
sesuatu yang terjadi, dapat diamati, diraba, dilihat, dirasa dan terjadi pada
tempat dan waktu tertentu disebut dengan ....
a.
Konsep
b.
Fakta
c.
Teori
d.
Generalisasi
2.
Suatu
abstraksi yang mewakili kelas objek-objek, kejadian-kejadian, kegiatan-kegiatan,
atau hubungan-hubungan yang mempunyai atribut yang sama disebut dengan ....
a.
Konsep
b.
Fakta
c.
Teori
d.
Generalisasi
3.
Hubungan
antar dua atau lebih konsep yang sudah teruji secara emperis dinamakan ....
a.
Konsep
b.
Fakta
c.
Teori
d.
Generalisasi
4.
Tujuan
utama pembelajaran IPS adalah ....
a.
Untuk
membantu meningkatkan kemampuan generasi muda dalam membuat keputusan-keputusan
rasional sebagai warga negara.
b.
Untuk
membantu meningkatkan pengetahuan generasi muda dalam membuat
keputusan-keputusan rasional sebagai warga negara.
c.
Untuk
membantu meningkatkan ketrampilan generasi muda dalam membuat
keputusan-keputusan rasional sebagai warga negara.
d.
Untuk membantu meningkatkan kemampuan, pengetahuan, dan ketrampilan
generasi muda dalam membuat keputusan-keputusan rasional sebagai warga negara
yang secara kultural memiliki keragaman, dan yang hidup dalam masyarakat
demokratis di dunia yang saling tergantung.
5.
Membantu
dalam pemilihan bahan pengajaran; mengorganisasikan kegiatan belajar mengajar;
membantu dalam membangun pengertian (artikulasi) bahan-bahan pengajaran dalam
kurikulum studi IPS merupakan fungsi dari adanya ....
a.
Konsep
b.
Fakta
c.
Teori
d.
Generalisasi
KENAMPAKAN
ALAM DAN BUDAYA
1.
Indonesia
berada pada pertemuan tiga lempeng tektonik utama dunia, yaitu Eurasia (Asia),
Hindia Australia dan lempeng Pasifik. Dampaknya adalah ......
a.
Letak
Indonesia akan selalu menjauh dari Benua Asia
b.
Indonesia akan sering terjadi gempa bumi
c.
Indonesia
akan sering terlanda tsunami
d.
Indonesia
akan menjadi pusat kajian geologi khusus gerak tektonik
2.
Pemanfaatan
sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi berarti …..
a.
Hasil
pemanfaatan dinikmati seluruh masyarakat
b.
Pemanfaatan
secara efisien dan tidak berdampak buruk terhadap lingkungan hidup
c.
Eksploitasi
sumber daya alam ditujukan semata-mata untuk kepentingan manusia
d.
Pembangunan
bersifat antroposentris
3.
Tanaman
khusus yang terdapat di mangrove adalah …..
a.
jelitung
b.
pakis
c.
bakau
d.
jati
4.
Pembangunan
berkelanjutan yang berkaitan dengan lingkungan hidup bertujuan untuk …..
a.
menjaga
siklus hidrologi
b.
meningkatkan
kemakmuran rakyat
c.
menjaga kelestarian alam sehingga dapat digunakan untuk masa
mendatang
d.
mengurangi
tingkat pengangguran dan kemiskinan
5.
Batas
yang memisahkan antara kelompok fauna bagian tengah dengan kelompok fauna
bagian timur disebut garis …
a.
Wallace
b.
weber
c.
lintang
d.
ekuator
KERJASAMA
INTERNASIONAL
1. Berikut ini bukti dari adanya
globalisasi dalam kehidupan sehari-hari kecuali...
a.
Adanya
kegiatan pariwisata
b.
Perkembangan
telekomunikasi
c.
Perpindahan
penduduk
d.
Perubahan gaya hidup
2.
Salah
satu dampak negatif dari kerja sama ekonomi internasional terhadap perekonomian
negara Indonesia yaitu .........
a.
peminjaman
modal dari negara tetangga
b.
intervensi asing terhadap kebijakan ekonomi Indonesia
c.
impor
barang dan jasa
d.
surplus
neraca perdagangan
3.
Salah
satu badan yang menangani kerja sama ekonomi internasional di bidang
perdagangan yaitu ..
a.
IMF
b.
ILO
c.
APEC +(WTO,GATT)
d.
UNDP
4.
Yang
termasuk alasan timbulnya kerja sama ekonomi antarnegara yaitu...
a.
Keterbatasan
kemampuan memproduksi barang dan jasa
b.
Kondisi
ekonomi dan kemajuan IPTEK yang sangat berbeda antarnegara
c.
Perbedaan
faktor produksi yang dimiliki masing-masing negara.
d.
Perimbangan kepentingan umum dan swasta.
5.
Salah
satu ciri dari konsep Sistem Perekonomian Pancasila yang dilontarkan oleh Prof.
Mubyarto diantaranya.....
a.
Pemerataan
sebagai perwujudan dari sikap solidaritas dan nasionalisme
b.
Harga
dikendalikan dan dikoreksi oleh campur tangan negara
c.
Kesempatan
kerja penuh dan jasa-jasa kolektif menjadi prioritas
d.
Semua
sumber daya ekonomi dimiliki dan dikuasai negara atas nama rakyat
PERAN
INDONESIA DALAM ERA GLOBAL
1.
Teknologi
informasi adalah salah satu faktor pendorong arus globalisasi. Kini, setiap
orang dapat saling memberi dan menerima kabar dari dan ke wilayah manapun di
penjuru bumi melalui jaringan internet. Kemajuan di bidang transportasi juga
membuat perpindahan barang dan penumpang semakin cepat. Seolah-olah ada
kekaburan batas jarak dan waktu. Pernyataan berikut yang paling tepat dalam
menyimpulkan wacana di atas … .
A.
kemajuan
teknologi dan informasi adalah dampak utama dari globalisasi
B.
tanpa
internet tidak ada globalisasi
C.
globalisasi
membuat interaksi social tatap muka kehilangan makna
D.
teknologi informasi dan transportasi mempercepat perkembangan
globalisasi
2.
Globalisasi
yang mempengaruhi lifestyle(gaya hidup) remaja, seperti mode dan gaya
penampilan ala selebriti dari negara-negara lain, bagi sebagian kalangan sudah
dianggap sampai tahap yang menghawatirkan. Karena dampak globalisasi terhadap
perubahan budaya di kalangan remaja akan berpengaruh kepada … .
A. semakin tebalnya rasa
nasionalisme di kalangan remaja
B. semakin meningkatnya
sikap solidaritas
C. semakin
berkurangnya kebanggaan kepada budaya sendiri
D. semakin berkembangnya
orientasi terhadap prestasi
3.
Organisasi
di bawah naungan PBB yang mengurusi masalah kesehatan dunia adalah....
a.
UNHCR
b.
FAO
c.
ILO
d.
WHO
4.
Salah
satu prinsip dasar Gerakan non Blok adalah ....
a.
Tidak memihak Blok Barat maupun Blok Timur
b.
Mendesak
negara-negara adikuasa untuk menghentikan persenjataan nuklir
c.
Memutuskan
hubungan diplomatik dengan negara-negara adikuasa
d.
Dibentuk
fakta militer oleh negara-negara peserta Gerakan Non Blok
5.
Pernyataan
berikut yang tidak mencerminkan kesepakatan kerjasama antar negara sesama
anggota ASEAN adalah… .
A.
kerjasama
di bidang pendidikan.
B.
kerjasama
di bidang ekonomi.
C.
kerjasama militer sebagai pakta pertahanan.
D.
kerjasama
di bidang kebudayaan dan penerangan.
SUMBER
DAYA ALAM
1.
Sumber
daya alam akan bernilai ekonomis apabila…..
a.
cukup
dieksplorasi saja
b.
dieksploitasi
untuk memenuhi kebutuhan saat ini
c. dieksploitasi
untuk memenuhi kebutuhan sekarang dan masa mendatang
d.
dieksploitasi
untuk memenuhi kebutuhan manusia
2.
Sumber
daya alam yang berasal dari hewan disebut sumbe r daya alam ……
a.
nabati
b. hewani
c.
hidroponik
d.
agro
industri
3.
Berikut
ini yang tidak termasuk penyebab kerusakan sumber daya alam adalah …..
a.
Terus
meningkatkan permintaan akan sumber daya alam dan jasa lingkungan sebagai akibat
pertumbuhan penduduk dan peningkatan kualitas hidup manusia
b.
Terjadinya
praktik-praktik pengelolaan yang tidak mengikuti prinsip pembangunan berkelanjutan
c.
Ketidak
tahuan manusia akan akibat kerusakan lingkungan
d. Pengaturan
sumber daya alam secara bijaksana agar pengelolaannya dapat terselenggara
secara seimbang dan terpadu
e.
Kelemahan
dalam penegakan hukum terhadap pelaku perusak lingkungan
4.
Pengelolaan
sumber daya alam dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebaiknya …
a.
diambil
sesuai kebutuhan
b.
selaras antara kehidupan dengan lingkungan
c.
diolah
untuk kebutuhan dalam negeri saja
d.
hasilnya
dieksploitasi sebagai modal pembangunan
5.
Pemakaian
sisa hasil produksi primer yang tidak digunakan lagi pada fungsi yang satu, akan
tetapi memiliki nilai guna untuk kebutuhan lainnya tanpa melalui proses daur
ulang dalam pengelolaan sumber daya alam disebut dengan prinsip …..
a.
mengurangi
b.
daur
ulang
c.
ekonomis
d. penghematan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar