KUMPULAN SOAL

           

Dikutip dari Bahan Ajar PLPG 2012

PUSAT PENGEMBANGAN PROFESI PENDIDIK
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN
DAN PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN (BPSDMPPMP)
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

UNTUK ISI YANG BERWARNA MERAH MENURUT VERSI PENULIS SENDIRI

Bentuk-bentuk bencana alam
1.      Tektonik lempeng dan volkanisme merupakan gejala alam yang disebabkan oleh:
       a.     Tenaga eksogen
       b.    Tenaga endogen
       c.     Gerak masa batuan
       d.    Tenaga geyser
2.      Pelapukan kimia adalah proses hancurnya batuan karena perubahan mineral yang disebabkan      oleh:
      a.     Air hujan
      b.    Suhu yang tinggi
      c.     Penggalian oleh manusia
      d.    Merambatnya akar tanaman
3.      Proses penyedotan air tanah diluar batas kemampuan pengisian ruang kosong pada batuan oleh air laut disebut:
     a.     Proses interkasi air laut
     b.    Proses interupsi air laut
     c.     Proses intrusi air laut
     d.    Proses induksi air laut
4.      Serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana disebut:
     a.     Investigasi
     b.    Mitigasi
     c.     Evakuasi
     d.    Relokasi
5.      Langkah-langkah penanganan bencana alam sebelum kejadian pada tahap pencegahan salah satunya adalah
     a.     Pembuatan peta jalur evakuasi
     b.    Peringatan dini
     c.     Tanggap darurat
     d.    Rekontruksi

EKONOMI MASYARAKAT
1.      Seorang pedagang buah ingin mendapatkan laba yang banyak. Dengan berbagai macam cara ia lakukan, bahkan dengan membuat parcel dengan kemasan menarik akan tetapi terdapat beberapa buah yang tidak segar lagi. Berdasarkan motif ekonomi termasuk ....
     A.    Motif memenuhi kebutuhan sendiri
     B.    Motif memperoleh keuntungan
     C.    Motif membantu sesama manusia
     D.    Motif menjamin masa depan
2.      Ditinjau dari kepentingan prinsip ekonomi terbagi menjadi 3 sudut pandang yaitu pembeli, penjual dan produsen. Dibawah ini adalah contoh prinsip ekonomi bagi penjual, kecuali ....
A.    Membeli barang yang bermutu tinggi dengan harga yang tinggi tidak rasional, dan dijual dengan harga yang serendah-rendahnya
B.    Membeli barang dengan mutu terbaik dan dijual dengan harga serendah– rendahnya, dan dijual kembali dengan harga tinggi tetapi rasional melalui pelayanan yang sebaik-baiknya
C.    Menjual barang yang bermutu dengan harga tinggi rasional melalui pelayanan yang sebaik-baiknya
D.    Menjual barang yang bermutu dengan harga tinggi tapi rasional
3.      Sebuah pasar mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : transaksi dilakukan secara tunai; barang dapat dibawa/diambil saat itu juga; barang yang diperjualbelikan benar-benar ada/nyata; penjual dan pembeli bertemu langsung.
Bentuk pasar yang sesuia denga ciri – ciri pasar diatas adalah ....
A.    Pasar regional
B.    Pasar lokal
C.    Pasar abstrak
D.    Pasar konkret
4.      Dibawah ini yang jenis uang berdasarkan kelompok bahan pembuatannya adalah ...
A.    kartal
B.    giral
C.    kertas
D.    cek
5.      Yang bertugas untuk mengatur, menjaga, dan memelihara kestabilan nilai rupiah adalah ....
A.    Bank Indonesia
B.    Bank Sekunder
C.    Bank Umum
D.    Bank Pembangunan

FAKTA,KONSEP, GENERALISASI
1.      Segala sesuatu yang terjadi, dapat diamati, diraba, dilihat, dirasa dan terjadi pada tempat dan waktu tertentu disebut dengan ....
a.     Konsep
b.    Fakta
c.     Teori
d.    Generalisasi
2.      Suatu abstraksi yang mewakili kelas objek-objek, kejadian-kejadian, kegiatan-kegiatan, atau hubungan-hubungan yang mempunyai atribut yang sama disebut dengan ....
a.     Konsep
b.    Fakta
c.     Teori
d.    Generalisasi
3.      Hubungan antar dua atau lebih konsep yang sudah teruji secara emperis dinamakan ....
a.     Konsep
b.    Fakta
c.     Teori
d.    Generalisasi
4.      Tujuan utama pembelajaran IPS adalah ....
a.     Untuk membantu meningkatkan kemampuan generasi muda dalam membuat keputusan-keputusan rasional sebagai warga negara.
b.    Untuk membantu meningkatkan pengetahuan generasi muda dalam membuat keputusan-keputusan rasional sebagai warga negara.
c.     Untuk membantu meningkatkan ketrampilan generasi muda dalam membuat keputusan-keputusan rasional sebagai warga negara.
d.    Untuk membantu meningkatkan kemampuan, pengetahuan, dan ketrampilan generasi muda dalam membuat keputusan-keputusan rasional sebagai warga negara yang secara kultural memiliki keragaman, dan yang hidup dalam masyarakat demokratis di dunia yang saling tergantung.
5.      Membantu dalam pemilihan bahan pengajaran; mengorganisasikan kegiatan belajar mengajar; membantu dalam membangun pengertian (artikulasi) bahan-bahan pengajaran dalam kurikulum studi IPS merupakan fungsi dari adanya ....
a.     Konsep
b.    Fakta
c.     Teori
d.    Generalisasi

KENAMPAKAN ALAM DAN BUDAYA
1.   Indonesia berada pada pertemuan tiga lempeng tektonik utama dunia, yaitu Eurasia (Asia), Hindia Australia dan lempeng Pasifik. Dampaknya adalah ......
a.     Letak Indonesia akan selalu menjauh dari Benua Asia
b.    Indonesia akan sering terjadi gempa bumi
c.     Indonesia akan sering terlanda tsunami
d.    Indonesia akan menjadi pusat kajian geologi khusus gerak tektonik
2.   Pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi berarti …..
a.     Hasil pemanfaatan dinikmati seluruh masyarakat
b.    Pemanfaatan secara efisien dan tidak berdampak buruk terhadap lingkungan hidup
c.     Eksploitasi sumber daya alam ditujukan semata-mata untuk kepentingan manusia
d.    Pembangunan bersifat antroposentris
3.   Tanaman khusus yang terdapat di mangrove adalah …..
a.     jelitung
b.    pakis
c.     bakau
d.    jati
4.   Pembangunan berkelanjutan yang berkaitan dengan lingkungan hidup bertujuan untuk …..
a.     menjaga siklus hidrologi
b.    meningkatkan kemakmuran rakyat
c.     menjaga kelestarian alam sehingga dapat digunakan untuk masa mendatang
d.    mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan
5.   Batas yang memisahkan antara kelompok fauna bagian tengah dengan kelompok fauna bagian timur disebut garis …
a.     Wallace
b.    weber
c.     lintang
d.    ekuator

KERJASAMA INTERNASIONAL
1. Berikut ini bukti dari adanya globalisasi dalam kehidupan sehari-hari kecuali...
a.     Adanya kegiatan pariwisata
b.    Perkembangan telekomunikasi
c.     Perpindahan penduduk
d.    Perubahan gaya hidup
2.   Salah satu dampak negatif dari kerja sama ekonomi internasional terhadap perekonomian negara Indonesia yaitu .........
a.     peminjaman modal dari negara tetangga
b.    intervensi asing terhadap kebijakan ekonomi Indonesia
c.     impor barang dan jasa
d.    surplus neraca perdagangan
3.   Salah satu badan yang menangani kerja sama ekonomi internasional di bidang perdagangan yaitu ..
a.     IMF
b.    ILO
c.     APEC +(WTO,GATT)
d.    UNDP
4.   Yang termasuk alasan timbulnya kerja sama ekonomi antarnegara yaitu...
a.     Keterbatasan kemampuan memproduksi barang dan jasa
b.    Kondisi ekonomi dan kemajuan IPTEK yang sangat berbeda antarnegara
c.     Perbedaan faktor produksi yang dimiliki masing-masing negara.
d.    Perimbangan kepentingan umum dan swasta.
5.   Salah satu ciri dari konsep Sistem Perekonomian Pancasila yang dilontarkan oleh Prof. Mubyarto diantaranya.....
a.     Pemerataan sebagai perwujudan dari sikap solidaritas dan nasionalisme
b.    Harga dikendalikan dan dikoreksi oleh campur tangan negara
c.     Kesempatan kerja penuh dan jasa-jasa kolektif menjadi prioritas
d.    Semua sumber daya ekonomi dimiliki dan dikuasai negara atas nama rakyat

PERAN INDONESIA DALAM ERA GLOBAL
1.   Teknologi informasi adalah salah satu faktor pendorong arus globalisasi. Kini, setiap orang dapat saling memberi dan menerima kabar dari dan ke wilayah manapun di penjuru bumi melalui jaringan internet. Kemajuan di bidang transportasi juga membuat perpindahan barang dan penumpang semakin cepat. Seolah-olah ada kekaburan batas jarak dan waktu. Pernyataan berikut yang paling tepat dalam menyimpulkan wacana di atas … .
A.    kemajuan teknologi dan informasi adalah dampak utama dari globalisasi
B.    tanpa internet tidak ada globalisasi
C.    globalisasi membuat interaksi social tatap muka kehilangan makna
D.    teknologi informasi dan transportasi mempercepat perkembangan globalisasi
2.      Globalisasi yang mempengaruhi lifestyle(gaya hidup) remaja, seperti mode dan gaya penampilan ala selebriti dari negara-negara lain, bagi sebagian kalangan sudah dianggap sampai tahap yang menghawatirkan. Karena dampak globalisasi terhadap perubahan budaya di kalangan remaja akan berpengaruh kepada … .
A.     semakin tebalnya rasa nasionalisme di kalangan remaja
B.     semakin meningkatnya sikap solidaritas
C.     semakin berkurangnya kebanggaan kepada budaya sendiri
D.     semakin berkembangnya orientasi terhadap prestasi
3.      Organisasi di bawah naungan PBB yang mengurusi masalah kesehatan dunia adalah....
a.     UNHCR
b.    FAO
c.     ILO
d.    WHO
4.      Salah satu prinsip dasar Gerakan non Blok adalah ....
a.     Tidak memihak Blok Barat maupun Blok Timur
b.    Mendesak negara-negara adikuasa untuk menghentikan persenjataan nuklir
c.     Memutuskan hubungan diplomatik dengan negara-negara adikuasa
d.    Dibentuk fakta militer oleh negara-negara peserta Gerakan Non Blok
5.      Pernyataan berikut yang tidak mencerminkan kesepakatan kerjasama antar negara sesama anggota ASEAN adalah… .
A.    kerjasama di bidang pendidikan.
B.    kerjasama di bidang ekonomi.
C.    kerjasama militer sebagai pakta pertahanan.
D.    kerjasama di bidang kebudayaan dan penerangan.

SUMBER DAYA ALAM
1.        Sumber daya alam akan bernilai ekonomis apabila…..
a.       cukup dieksplorasi saja
b.      dieksploitasi untuk memenuhi kebutuhan saat ini
c.       dieksploitasi untuk memenuhi kebutuhan sekarang dan masa mendatang
d.      dieksploitasi untuk memenuhi kebutuhan manusia
2.        Sumber daya alam yang berasal dari hewan disebut sumbe r daya alam ……
a.       nabati
b.      hewani
c.       hidroponik
d.      agro industri
3.        Berikut ini yang tidak termasuk penyebab kerusakan sumber daya alam adalah …..
a.       Terus meningkatkan permintaan akan sumber daya alam dan jasa lingkungan sebagai akibat pertumbuhan penduduk dan peningkatan kualitas hidup manusia
b.      Terjadinya praktik-praktik pengelolaan yang tidak mengikuti prinsip pembangunan berkelanjutan
c.       Ketidak tahuan manusia akan akibat kerusakan lingkungan
d.      Pengaturan sumber daya alam secara bijaksana agar pengelolaannya dapat terselenggara secara seimbang dan terpadu
e.       Kelemahan dalam penegakan hukum terhadap pelaku perusak lingkungan
4.        Pengelolaan sumber daya alam dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebaiknya …
a.       diambil sesuai kebutuhan
b.      selaras antara kehidupan dengan lingkungan
c.       diolah untuk kebutuhan dalam negeri saja
d.      hasilnya dieksploitasi sebagai modal pembangunan
5.        Pemakaian sisa hasil produksi primer yang tidak digunakan lagi pada fungsi yang satu, akan tetapi memiliki nilai guna untuk kebutuhan lainnya tanpa melalui proses daur ulang dalam pengelolaan sumber daya alam disebut dengan prinsip …..
a.       mengurangi
b.      daur ulang
c.       ekonomis
d.    penghematan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar