Minggu, 20 Mei 2012
Proposal PTK
Halaman Judul (kulit luar)
Halaman Pengesahan
A. Judul
Singkat, Spesifik Gambaran Masalah, Tindakan, Hasil, Tempat. Maksimal 15 Kata
B. Latar Belakang Masalah
Masalah :
- Terjadi di sekolah
- Penting dan mendesak
- Dapat dilaksanakan
- Jelas akar penyebab masalah
C. Rumusan Masalah
- Gunakan kalimat tanya, Berisi: - Asumsi
- Lingkup penelitian
- Alternatif tindakan
- Indikator keberhasilan
- Cara pengukuran dan pengevaluasian
- Alur Berpikir Menemukan Masalah
KONDISI IDEAL - KONDISI AKTUAL
GAP - PRIORITAS MASALAH - ALTERNATIF PEMECAHAN - Prop
GAP ANALISIS
NO ASPEK KONDISI IDEAL KONDISI AKTUAL GAP
1. Guru dapat melaksanakan pembelajaran 100% 30% 70%
kontekstual
2. Guru dapat melaksanakan penilaian 100% 10% 90%
portofolio
3. dst
- Identifikasi Masalah ( Tuliskan semua masalah yang ada)
Contoh :
- Sebagian besar siswa tidak dapat mengajukan permohonan (request) secara tepat;
- Siswa tidak dapat menerapkan berbagai percakapan transaksional dalam percakapan
sehari-hari;
- dst.
- Pemilihan Prioritas Masalah
- Tidak semua masalah dapat dipecahkan sekaligus
- Lihat keterkaitan masalah satu dengan yang lain
- Pertimbangkan pemilihan prioritas:
* arti pentingnya
* nilai strategis
* nilai prasyarat
- Rumusan Masalah
Sagor (1992) merinci rumusan masalah dengan 5 pertanyaan:
1) Siapa yang terkena dampak negatifnya?
2) Siapa atau apa yang diperkirakan sebagai penyebab masalah itu?
3) Masalah apa sebenarnya itu?
4) Siapa yang menjadi tujuan perbaikan?
5) Apa yang akan dilakukan untuk mengatasi hal itu?
D. Pemecahan Masalah
Uraikan alternatif tindakan berdasarkan akar penyebab masalah.
E. Tujuan Penelitian
Tujuan umum dan khusus diuraikan dengan jelas sehingga dapat diukur tingkat pencapaian
Keberhasilannya.
F. Manfaat Penelitian
Uraikan manfaat penelitian bagi siswa, guru, komponen pendidikan lain, Kemukakan inovasi
yang akan dihasilkan.
G. Kajian Teori
Uraikan kajian teori yang mendasari ususlan rancangan penelitian
H. Hipotesis Tindakan
Menggambarkan indikator keberhasilan tindakan yang diharapkan
I. Rencana dan Prosedur Penelitian
Kemukakan : Subjek, waktu, lama tindakan, lokasi;
Prosedur dirinci sesuai tahap dalam siklus;
Uraikan indikator masing-masing siklus.
J. Jadwal Penelitian
JADWAL RENCANA KEGIATAN PTK
NO RENCANA KEGIATAN WAKTU ( minggu ke-)
1 2 3 4 5 6
1. Persiapan
Menyusun konsep pelaksanaan V
Menyepakati jadwal dan tugas V
Menyusun instrumen V
2. Pelaksanaan
Menyiapkan kelas dan alat V
Melakukan Tindakan Siklus I V V
Melakukan Tindakan Siklus II V V
3. Menyusun Laporan
Menyusun konsep laporan V
Seminar hasil penelitian V
Perbaikan laporan V
Penggandaan Hasil V
K. Rencana Anggaran
Daftar Pustaka
Cara Penulisan Daftar Pustaka
Kemmis and MC Taggart. 1994. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University
Suharjono. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah pada Diklat Pengembangan Propesi
bagi Jabatan Fungsional Guru, Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal
Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional
Suyanto. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan
Lampiran
Sumber: Dra. Hj. Susi Susilawati, M.Pd ( Widyaiswara LPMP Jawa Barat)
Langganan:
Postingan (Atom)