Minggu, 20 Mei 2012

Proposal PTK

                                                                       


Halaman Judul (kulit luar)
Halaman Pengesahan
A. Judul
     Singkat, Spesifik Gambaran Masalah, Tindakan, Hasil, Tempat. Maksimal 15 Kata

B. Latar Belakang Masalah
     Masalah :
     - Terjadi di sekolah
     - Penting dan mendesak
     - Dapat dilaksanakan
     - Jelas akar penyebab masalah
   
C. Rumusan Masalah
     - Gunakan kalimat tanya, Berisi: - Asumsi
                                                      - Lingkup penelitian
                                                      - Alternatif tindakan
                                                      - Indikator keberhasilan
                                                      - Cara pengukuran dan pengevaluasian
     - Alur Berpikir Menemukan Masalah
        KONDISI IDEAL - KONDISI AKTUAL
        GAP - PRIORITAS MASALAH - ALTERNATIF PEMECAHAN - Prop
        GAP ANALISIS
         NO    ASPEK                                          KONDISI IDEAL  KONDISI AKTUAL   GAP
          1.   Guru dapat melaksanakan pembelajaran    100%                         30%                  70%
                kontekstual
          2.   Guru dapat melaksanakan penilaian            100%                        10%                  90%
                portofolio
          3.   dst

      - Identifikasi Masalah ( Tuliskan semua masalah yang ada)
         Contoh :
         - Sebagian besar siswa tidak dapat mengajukan permohonan (request) secara tepat;
         - Siswa tidak dapat menerapkan berbagai percakapan transaksional dalam percakapan
            sehari-hari;
         - dst.
      - Pemilihan Prioritas Masalah
         - Tidak semua masalah dapat dipecahkan sekaligus
         - Lihat keterkaitan masalah satu dengan yang lain
         - Pertimbangkan pemilihan prioritas:
            * arti pentingnya
            * nilai strategis
            * nilai prasyarat
         - Rumusan Masalah
           Sagor (1992) merinci rumusan masalah dengan 5 pertanyaan:
           1) Siapa yang terkena dampak negatifnya?
           2) Siapa atau apa yang diperkirakan sebagai penyebab masalah itu?
           3) Masalah apa sebenarnya itu?
           4) Siapa yang menjadi tujuan perbaikan?
           5) Apa yang akan dilakukan untuk mengatasi hal itu?
                                                      
D. Pemecahan Masalah
     Uraikan alternatif tindakan berdasarkan akar penyebab masalah.

E. Tujuan Penelitian
     Tujuan umum dan khusus diuraikan dengan jelas sehingga dapat diukur tingkat pencapaian
      Keberhasilannya.

F.  Manfaat Penelitian
     Uraikan manfaat penelitian bagi siswa, guru, komponen pendidikan lain, Kemukakan inovasi
      yang akan dihasilkan.

G. Kajian Teori
     Uraikan kajian teori yang mendasari ususlan rancangan penelitian

H. Hipotesis Tindakan
     Menggambarkan indikator keberhasilan tindakan yang diharapkan
     
I.   Rencana dan Prosedur Penelitian
     Kemukakan : Subjek, waktu, lama tindakan, lokasi;
     Prosedur dirinci sesuai tahap dalam siklus;
     Uraikan indikator masing-masing siklus.

J.  Jadwal Penelitian
    JADWAL RENCANA KEGIATAN PTK
    NO                       RENCANA KEGIATAN                    WAKTU ( minggu ke-)
                                                                                              1      2      3     4       5      6
    1.      Persiapan
             Menyusun konsep pelaksanaan                                 V
             Menyepakati jadwal dan tugas                                  V
             Menyusun instrumen                                                 V
     2.     Pelaksanaan
             Menyiapkan kelas dan alat                                               V
             Melakukan Tindakan Siklus I                                           V     V
             Melakukan Tindakan Siklus II                                                          V     V
     3.     Menyusun Laporan
             Menyusun konsep laporan                                                                       V
             Seminar hasil penelitian                                                                                     V
             Perbaikan laporan                                                                                            V
             Penggandaan Hasil                                                                                           V

K. Rencana Anggaran

Daftar Pustaka

                                                  Cara Penulisan Daftar Pustaka

Kemmis and MC Taggart. 1994. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University

Suharjono. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah pada Diklat Pengembangan Propesi
    bagi Jabatan Fungsional Guru, Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal
    Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional

Suyanto. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Departemen
    Pendidikan dan Kebudayaan

Lampiran

Sumber: Dra. Hj. Susi Susilawati, M.Pd ( Widyaiswara LPMP Jawa Barat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar